Selasa, 13 Agustus 2013

SkinLova : Pakai Perawatan Sudah, Tapi Ko Jerawat Masih Nongol?? Coba Cek lagi Deh....

Dear Skinlovers...
Siang semuanyaa..

kali ini aku mau coba berbagi sedikit tips buat membantu menjaga kebersihan kulit supaya jerawat ga gampang numbuh jerawat atau bisa juga membantu proses penyembuhan jerawat yang lagi diobatin sekarang.

Beberapa temen ada yang curhat, pake perawatan jerawat udah tapi ko jerawatnya ga sembuh-sembuh..??



Sebetulnya masalah ini aku alamin juga waktu kemarin lagi gencar-gencarnya ngobatin jerawat. Setelah mondar mandir baca beberapa artikel, Ternyata buat dapetin kulit yang sehat bukan cuman ngandelin produk skin care yang bagus dan cocok aja, tapi mesti didukung sama kebiasaan kita sehari-hari...

Yuuuppss... kebiasaan kia sehari-hari ngaruh banget buat menjaga kesehatan kulit atau bantu untuk proses penyembuhan jerawat...

Sebetulnya kalo kita mau searching ada banyak banget tips nya, tapi beberapa hal ini aja yang bener-bener aku lakuin selama usaha penyembuhan jerawat kemarin, poin-poinnya aku urutin berdasarkan tingkat kepentingannya menurut aku sendiri aja yaa gals  : P
Oke lets check :
  1. Pertama banget dan paling penting, make sure kulit kita bersih saat tidur. 


    Its oke kita pake make up segala macem waktu siang saat kita beraktifitas, tapi kalau menjelang tidur, make sure banget semua make up yang kita pake beserta debu-debu yang ga sengaja nempel di jalan udah kita bersihin. kamu bisa pake milk cleanser, oil ceanser, baby oil, sabun muka, atau apapun yang penting bisa bersihin muka. Apalagi kalau misalnya mau pake skin care night, kalau saat pamakaian skin carenya kulit kita masih kotor atau kurang bersihnya , yang ada hasilnya bukan bagus gals, malah bikin pengen mecahin semua cermin :P
  2. Kedua dilarang banget megang2 kulit muka pake tangan , apalagi tangan orang lain hehehheee... apalagi kalau tangannya kotor.. Jangan sampe gals..Aku sendiri memang agak kesusahan juga untuk menjaga pantangan ini.


    Jjadi buat ngakalinnya, sebisa mungkin tambah frekuensi cuci tangan kita setiap harinya. kalo di tempat kerja tiap ke toilet  wajib cuci tangan, terus abis makan siang mau itu makannya dikantin atau diluar sebelum kembali bekerja aku cuci tangan lagi. Jadi meminimalisir kuman ditangan, kalo kita kelupaan pegang muka seengganya tangan kita ga kotor-kotor banget. Peraturan ini berlaku juga buat kamu-kamu yang punya pacar. Kenapa pacar ? karena kalau pacar kamu ngusap-ngusap muka kamu pake tangan kotor, nanti ngimbas juga ke kulit atau jerawat di kulit.. Kepo banget yaahh.. hahahahaaaa... soal pacar bercanda dengh :P
    Jadi sekarang aku berubah jadi lebih sering jaga kebersihan tangan dan lebih care dan inget untuk ga celamitan pegang-pegang kulit muka.
    Malah sebelum pake milk cleanser buat bersihin wajah atau cuci muka pake facial foam aku selalu cuci tanganku dulu. supaya kumannya ga campur-campur sama milk cleanser atau facaial foamnya :D
  3. Ketiga, jangan pake handuk yang sama untuk badan dan muka. Aku tahu soal ini dari artikel juga sih. Kalo difikir-fikir ia juga sih, bayangin ajah kalo misalnya handuk yang udah kita pake untuk ngusap badan, kita pake juga buat seka kulit muka. kebayang dong segimana campur-campur bakterinya. Kondisi kulit tubuh kan biasanya lebih "Badak" daripada kulit muka :P jadi kalo misalnya kondisi handuknya ga masalah buat kulit badan, belum tentu buat kulit muka gals. Solusinya, kalo aku sendiri siapin handuk kecil khusus buat nyeka muka. Atau kadang kalau handuk muka lagi kotor, aku pake tissue ajah...
  4. Keempat, saat menyeka kulit muka dengan handuk atau tissue, jangan di gososk-gosok kasar ya gals. cukup di dab-dab ajah yag lembut.


    Kalau kulit mukamu di gosok kasar nanti khawatir iritasi. apalagi bagian kulit yang berjerawat, bisa makin radang itu. Hal ini berlaku juga saat kita cuci muka pake facial foam, cara membersihkannya cukup diusap-usap lembut ajah, jangan digosok-gosok kasar, apagi pake tenaga dalam. Big No... kulit muka kita buka papan cucian gals, jadi perlakukan dia degan lembut heheheee...
  5. Tips selanjutnya, biasain ganti handuk muka dan sarung bantal secara berkala. Ga tau ya gals, setelah aku mulai rutin melakukannya, emang jerawat yang muncul jadi cepet sembuh,  dan setelah itu muka juga jadi ga gampangan timbul jerawat..
  6. Gunakan berbagai bahan alami untuk perawatan kulit.


    Segala sesuatu dari alam itu hasilnya pasti oke. Aku sendiri biasa pake madu untuk masker, pake cuka wine atau cuka apel untuk toner wajah atau campuran air untuk cuci muka atau mandi, masker timun, masker pisang atau masker telur.
  7. Minimalisir pemakaian make up sehari-hari.


    Kalau bukan untuk acara tertentu diusahain ga pake make up berat gals. Aku sendiri bukan orang yang sering banyak pesta hehehe.. jadi untuk kegiatan sehari-hari kalau mau pake make up aku cuman pake BB cream sama blush on ajah di kulit muka. Tapi waktu masih masa pengobatan kemarin setiap hari aku bener-bener cuman pake sun block sama baby powder ajah supaya cepet sembuhnya.
  8. Selain menghindari make up yang berat, jangan lupa rawat juga make up kita gals.


    Cuci tools yang kita pake secara berkala supaya ga ada bakeri yang ngumpul. Selain itu hindarin juga pake-pake make up dan tools nya bareng sama orang lain, bisa tukeran bakteri itu.
  9. Perhatiin asupan makanan kita. Aku simpan ini paling terakhir karena memang aku sendiri susah baget ngejalaninnya. Aku itu penggemarnya junk food, dan SEHARUSNYA untuk kita yang punya masalah kulit berjerawat harus MENGHINDARI JUNK FOOD. Tapi susahnya minta ampun :P


    Selain bikin berat badan gak karuan, Junk food juga bikin kulit jadi bermasalah lho, seperti jerawat dan penuaan dini. Haduh tepok jidat deh...


    Untuk mengakalinya yah paling nggak, aku seimbangin makananku dengan tetep konsumsi banyak sayur sama buah-buahan.
Nah begitulah gals. Mungkin kalian berfikir "Ribet amat An".
Itu komentar yang sama aku bilang waktu baca berbagai artikel kecantikan.
Tapi percaya deh gals, kalo udah terbiasa melakukannya, gak akan terasa ribet atau berat ko... Susuatu yang sering aku anggap sepele sebelumnya, malah berdampak signifikan buatku sekarang.

Beberapa orang ada yang nanya gimana merawat kulit yang benar, aku jawab menurut pengalamanku sendiri. Tapi jawabannya "Ribet"
Kalau berfikir soal ribet, coba deh ganti mind set kita. Sesuatu yang pengen kita dapetin dengan bagus tanpa cela, pasti butuh effort. Contohnya ajah taman. Kalau tanamannya atau bunganya ga kita rawat setiap hari, ga kita siram, apa akan jadi indah itu taman? ga kan...??
Nah hal ini sama dengan kulit kita. Kalau kulit kita dirawat dan diperhatikan sealakadarnya, ya hasil yang tampak juga sealakadarnya juga.
Kalau kata orang tua jaman dulu, menanam buah apel itu ga akan tumbuh kacang :P

Jadi kalo sekarang kamu lagi ake perawatan, tapi hasilnya ko so so ajah, coba di cek lagi.
kebiasaan kecil kita yang lainnya sudah mendukung belum :D


Kebisaan diatas masih aku lakukan sampai sekarang gals, alhamdulillah kekhawatiran jerawat nongol bergerombol ga ada :P

Oke gals, segitu dulu info dari aku.
Sebetulnya aku agak ragu nulis tips ini, takutnya dibiang sok tahu.
Tapi karena ada juga yang nanggep positif pengalamanku, makanya aku coba share juga disini.

Semoga bermanfaat ya gals...

See u again..

Love,
Ana

0 komentar:

Posting Komentar